Cuci Springbed dan Cuci Sofa Malang
082233128118
Logo Ghanim Care - cuci springbed malang

Ini Yang Akan Terjadi Apabila Anda Membiarkan Kasur Kotor

Setiap orang tidur dengan rata-rata jam tidur selama 7 hingga 8 jam. Bisa dikatakan bahwa orang tidur di atas tempat tidur dalam waktu yang cukup lama yaitu sepertiga hari. Oleh karena itu tempat tidur pasti akan dipenuhi dengan keringat, air liur, kulit mati, debu, maupun sisa makanan yang berjatuhan saat makan.   

Jika tempat tidur tidak dibersihkan secara rutin, maka akan menjadi kotor dan berpotensi timbulnya sarang hewan seperti kutu, tungau, dan juga bisa tumbuh jamur. Jika hal itu terjadi Anda akan berisiko terkena penyakit serius akibat sarang hewan tersebut. Berikut akibat yang akan terjadi jika Anda membiarkan kasur kotor. 

1. Alergi

Alergi adalah akibat pertama dari kebiasaan Anda yang suka membiarkan kasur kotor. Hal ini bisa terjadi jika tubuh Anda bereaksi terhadap feses tungau. Ini terjadi ketika sel kulit mati Anda menumpuk di sisi kasur. Perlu diketahui bahwa makanan tungau adalah kulit mati yang ada di kasur. Nah feses tungau tersebutlah yang bisa menyebabkan alergi. Tanda-tanda ketika Anda mengalami alergi adalah gatal-gatal, muncul ruam, mata dan hidung mengeluarkan air, dan asma yang bisa menyerang. 

2. Digigit Kutu 

Kasur yang dibiarkan kotor akan membuat kutu tumbuh dan berkembang biak. Kutu yang hidup di dalam kasur disebut dengan bedbugs atau kutu kasur. Kutu ini merupakan serangga penghisap darah manusia. Kutu ini akan bersembunyi di sisi kasur yang tidak Anda ketahui. Jika Anda telah digigit oleh kutu ini, tanda-tandanya adalah muncul bekas gigitan berwarna merah serta gatal pada kulit Anda. Selain itu juga akan terlihat bercak darah di kasur. 

3. Infeksi Bakteri dan Jamur

Keringat yang keluar ketika Anda tidur bisa menjadi penyebab tempat tidur Anda menjadi lembab. Jika Anda tidak rutin membersihkan kasur dan mengganti seprai akan berpotensi tumbuhnya jamur dan bakteri bahaya. Jamur dan bakteri berbahaya ini dapat menyebabkan penyakit. Oleh karena itu rajinlah membersihkan tempat tidur dan mengganti seprai minimal seminggu sekali supaya terhindar dari jamur dan bakteri berbahaya penyebab penyakit. 

4. Scabies 

Scabies (kudis) adalah penyakit pada kulit yang disebabkan oleh tungau. Tungau ini membuat kasur terkontaminasi sehingga Anda bisa menularkan penyakit ini ke orang yang juga menggunakan tempat tidur Anda. Gejala penyakit kulit ini antara lain rasa gatal yang luar biasa saat tidur dimalam hari. Selain itu juga muncul bekas luka pada kulit sepanjang 1 cm. 

Nah itulah hal yang akan terjadi jika Anda membiarkan kasur yang menjadi tempat tidur Anda kotor. Berdasarkan penjelasan diatas, ternyata membiarkan kasur kotor berdampak sangat buruk pada kesehatan. Perlu dimulai kebiasaan untuk menjaga kebersihan kasur seperti :

1. Mencuci kasur dua kali dalam satu tahun. 

2. Menjemur kasur hingga benar-benar kering setelah mencuci kasur. Hal ini dilakukan agar kasur tidak menjadi lembab yang berpotensi tumbuhnya jamur. 

3. Mengganti seprai, sarung bantal, sarung guling, selimut secara berkala setidaknya seminggu sekali. Hal ini yang sangat diutamakan karena seprai adalah lapisan yang digunakan untuk menutupi kasur. Sprei  menjadi yang pertama kali kotor jika terkena kotoran. 

Jika mencuci kasur seperti yang dijelaskan di atas dirasa cukup sulit, Anda serahkan saja kepada jasa cuci springbed malang kami. Kami telah memiliki tim yang berpengalaman dan telah menggunakan alat yang modern sehingga kasur Anda bersih dan tampak indah. Sekian pembahasan seputar hal yang akan terjadi apabila Anda membiarkan kasur kotor. Semoga bermanfaat.

Open chat
Hi Ghanim Care, saya mau tanya tentang :